BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Penulis bermaksud menjelaskan dan mengenalkan pengertian
dasar dari Pascal yaitu dapat diartikan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada semua
tujuan oleh Professor Niklaus Wirth, nama pascal diambil sebagai penghargaan
terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosophi terkenal abad 17 dari
Perancis. Kompiler Bahasa pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control
Data Corporation) untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis,
khususnya untuk pemprograman terstruktur.
1.2. TUJUAN
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah
pengetahuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua yang membacanya dan
bagi orang awam yang belum pernah mengenal Pascal secara keseluruhan, disamping
itu tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas
dari Dosen mata kuliah program
Komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. SEJARAH
PASCAL
Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya
pada segala tujuan, dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical
University of Zurich, Switzerland. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan
terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan filosofer terkenal abad 17 dari
Perancis. Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal
pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang
dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program komputer
secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman terstruktur. Dalam
waktu singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer di kalangan pelajar
universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi.
Beberapa profesional komputer juga mulai beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya,
Pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan dengan
bahasa-bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya. Standar
Pascal adalah bahasa Pascal yang didefinisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth.
Penerapan nyata dari standar Pascal banyak yang berbeda dengan seperti apa yang
telah didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Standar Pascal di Eropa
didefinisiakn oelh ISO (International Standards Organization) dan di Amerika
oleh kerjasama antara ANSI (American National Standar Institute) dengan IEEE
(Intitute of Electrical and Electronic Engineer). Beberapa
versi dari Pascal yang telah beredar di pasaran, di antaranya UCSD pascal
(University of California at San Diego Pascal), MS-Pascal (Microsoft Pascal),
Apple Pascal, Turbo Pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk
komputer-komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa
Pascal yang paling populer dan banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak
digemari, karena terutama bersifat interaktif, seperti interpreter saja
layaknya. Selain itu Turbo Pascal mengikuti definisi dari standar Pascal
seperti yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth di Pascal User
Manual dan Report. Turbo PASCAL adalah copyright dari Borland Inc. dan dapat
digunakan pada sistem operasi PC-DOS, MS-DOS, CPM-86 dan CP/M-80. Berikut yang
penulis pakai adalah Turbo Pascal versi 7.0. Turbo Pascal adalah sebuah sistem pengembangan perangkat lunak yang terdiri
atas kompiler dan lingkungan pengembangan terintegrasi (dalam bahasa inggris: Integrated
Development Environment - IDE) atas bahasa pemrograman pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86, dan MS-DOS,
yang dikembangkan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Kahn. Nama Borland Pascal umumnya digunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut
(dengan kepustakaan yang lebih banyak dan pustaka kode sumber standar)
sementara versi yang lebih murah dan paling luas digunakan dinamakan sebagai Turbo Pascal. Nama Borland Pascal juga
digunakan sebagai dialek spesifik Pascal buatan Borland.
2.2. Struktur Bahasa Pascal
a) Judul
Program <judulnya>;
Uses <unitnya>;
b) Bagian Deklarasi
Label <nama labelnya>;
Const <nama=nilai constantanya>;
Type <namatype : typedatanya>;
Var <nama_variabelnya>;
Procedure <nama_prosedurnya>;
Function <nama_fungsinya>;
c) Bagian Pernyataan
Begin
<pernyataan-pernyataan>;
End.
Contoh Program :
Uses WinCrt;
Begin
Writeln
(‘Saya’);
Write
(‘Belajar’);
Writeln
(‘Turbo;);
Write
(‘Pascal’);
Write
(‘Di STKIP Islam Bumiayu’);
End.
Gambar 1.1
Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Tekan Ctrl F9 untuk eksekusi program.
·
Tekan F5 untuk melihat hasilnya.
Hasilnya:
Saya
Belajar Turbo
Pascal Di STKIP Islam Bumiayu
Gambar 1.2 Tampilan Output_hasil
2.3 Perintah Dasar, Identifier, Deklarasi
a. Perintah Dasar / Sederhana pascal
· Write (‘Text/tulisan’, Variabel)
Perintah untuk
menampilkan atau cetak dilayar monitor tanapa pindah baris
· Writeln (‘Text/tulisan’, Variabel)
Perintah untuk
menampilkan atau cetak dilayar monitor lalu pindah baris kebawah
· Read ( Variabel)
Perintah untuk
menginput/mengisi data tanpa pindah garis
· Readln (Variabel)
Perintah untuk
menginput/mengisi data lalu pindah garis
b. Identifier / Pengenalan Data
Digunakan untuk penamaan elemen-elemen deklarasi
seperti Label, Constanta, type, variabel, procedur, function
Syarat Identifier:
· Diawali huruf
· Tidak boleh terdapat spasi / blank
· Tidak boleh menggunakan reserved word
· Tidak boleh menggunakan simbol khusus kecuali
underscore (tanda bawah)
· Panjang maksimal 63 karakter
Contoh :
·
Luas_Segi_Tiga
·
LuasSegiTiga
·
LuasS3
c. Deklarasi Variabel
Adalah elemen data yang belum memiliki nilai dan
nilainya dapat berubah-ubah.
Contoh :
Uses WinCrt;
Var Nama :
String [25];
Nilai : Integer;
Begin
Clrscr;
Write ( ‘Nama Siswa:’ );
Readln (Nama);
Write ( ‘Nilai Ujian:’ );
Readln (Nilai);
End.
Gambar 2.1 Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9 Lalu Isi Datanya
·
Ctrl F5 Lihat Hasilnya
Hasilnya :
Nama Siswa : ...........................
Nilai Ujian : ...........................
Gambar 2.2
Tampilan Output_hasil
d.
Deklarasi Constanta
Adalah elemen data yang sudah ada nilainya dan
nilainya tetap.
Contoh :
Uses WinCrt;
Const Namasis = ‘Syaiful
Anwar’;
Ipk = 3.35;
Mutu = ‘A’;
Begin
Clrscr;
Writeln
( ‘Nama Siswa : ’, Namasis);
Writeln
( ‘Nilai Ipk : ’, Ipk);
Writeln
( ‘Mutu Ujian : ’, Mutu);
End.
Gambar 3.1 Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9 lalu
Alt F5
Hasilnya:
Nama Siswa : Syaiful Anwar
Nilai Ipk : 3.350000e+0
Mutu Ujian : A
Gambar 3.2 Tampilan Output_hasil
TUGAS
1.
Buatlah
program cetak di layar Biodata Diri Anda yang memuat:
·
NIM
·
Nama
·
Tempat
Tanggal Lahir
·
Alamat
Jawab :
Program
Biodata;
Uses
WinCrt;
Begin
Clrscr;
Writeln (‘NIM :
40311023’);
Writeln (‘Nama :
Untari Puji Astuti’);
Writeln (‘TTL : Brebes, 09-03-1993’);
Writeln (‘Alamat : Kaliwadas’);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
NIM : 40311023
Nama : Untari Puji Astuti
TTL : Brebes, 09-03-1993
Alamat : Kaliwadas
Gambar Tampilan output_hasil
2.
Buatlah
Program Luas Segi Tiga
Jawab
Program
luas_segitiga;
Uses
wincrt;
Var
a,t,l:real;
Begin
Clrscr;
Write (‘masukkan alas=’);
Readln (a);
Write (‘masukkan tinggi=’);
Readln (t);
L:= 0.5*a*t;
Write (‘luas segitiga=’,l);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
Masukkan alas =
............
Masukkan tinggi= ............
Luas segitiga =
.............
Gambar Tampilan Output_hasil
3.
Buatlah
Program Luas dan Keliling lingkaran
Jawab
Menggunakan
Diameter
Program
luas_lingkaran;
Uses
wincrt;
Var
d,l,phi:real;
Begin
Write (‘masukkan diameter=’);
Readln (d);
Phi:= 3.14;
L:= 0.25*3.14*d;
Write (‘luas lingkaran=’,l);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
Masukkan diameter : .....
Luas lingkaran : .....
Gambar Tampilan Output_hasil
Menggunakan Jari-Jari
Program
luas_lingkaran;
Uses
wincrt;
Var r,l,phi:real;
Begin
Write (‘masukkan jari-jari=’);
Readln (r);
Phi:= 3.14;
L:= 3.14*r*r;
Write (‘luas lingkaran=’,l);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
Masukkan jari-jari : .....
Luas lingkaran : .....
Gambaran Tampilan Input_hasil
Keliling Lingkaran
Program Hitung_keliling_lingkaran;
Uses wincrt;
Var phi,k,r:real;
Begin
Write
(‘masukkan jari-jari=’);
Readln
(r);
Phi:=3.14;
k:=
2*phi*rl;
Write
(‘keliling lingkaran=’,k);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
Masukkan jari-jari : .....
keliling lingkaran : .....
Gambar Tampilan Output_hasil
4.
Buatlah
Program Luas Persegi Panjang
Jawab
Program
luas_persegi_panjang;
Uses
wincrt;
Var
p,l:real;
Begin
Write (‘masukkan panjang=’);
Readln (p);
Write (‘masukkan lebar=’);
Readln (l);
L:= p*l;
Write (‘luas persegi
panjang=’,l);
End.
Gambar Tampilan Input_scrip
Langkah untuk
mengoperasikan:
·
Klik Run,pilih Run
·
Atau Ctrl F9
Hasilnya
:
Masukkan alas = .........
Masukkan tinggi=
.........
Luas segitiga = .........
Gambar Tampilan Output_hasil
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
3.2 SARAN
Dalam pembuatan
makalah ini tentunya masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran dari para
pembaca makalah ini, agar menjadikan makalah ini menuju kesempurnaan. Semoga makalah ini dapat diterima oleh para
pembaca dalam mempelajari komputer, khususnya yang mempelajari mengenai bahasa
pemrograman Pascal serta dapat menembah wawasan bagi para pembaca dalam
pembuatan program secara terstruktur.
DAFTAR
PUSTAKA
Untari Puji Astuti
Blog'nya bermanfaat skali, tp syng'nya gambar'nya g'mau muncul.
BalasHapusBnr sekali
BalasHapusBnr sekali
BalasHapus